Featured Post

Kesempatan terakhir PPDB DKI jakarta

Gambar
hai Gaes... tanggal Senin 1 Juli 2024 adalah kesempatan terakhir buat mereka yang belum dapat SMP dan SMA di DKI Jakarta jalur Tahap kedua... silakan ke situs PPDB DKI Jakarta  https://ppdb.jakarta.go.id Semoga Beruntung.

5 Gunung Tertinggi Di Indonesia

Hai Gaes.. di Indonesia ada ratusan gunung yang ketinggiannya lebih dari 4000 meter di atas permukaan laut, gunung-gunung ini tersebar dari Sabang sampai dengan Merauke.

Berikut 5 gunung tertinggi di Indonesia


1.Gunung Puncak Jaya Wijaya

Gunung ini menjadi gunung tertinggi di indonesia Gunugn ini terletak di Kabupaten Mimika Provinsi Papua Tengah  Indonesia dengan ketinggian 4.884 meter, Puncak ini merupakan gunung tertinggi di Indonesia dan ke-7 tertinggi di Asia Tenggara. Puncak Jaya adalah salah satu dari tujuh puncak tertinggi di dunia.

Pada tahun 1963, puncak ini berganti nama menjadi Puncak Soekarno, setelah itu kemudian diganti menjadi Puncak Jaya. Nama Piramida Carstensz sendiri masih digunakan di kalangan para pendaki.

Sementara glaster di Puncak Jaya masih sedikit tertutup es, ada beberapa gletser di lereng, termasuk Gletser Carstensz, Gletser Northwall Firn Barat, dan Gletser Northwall Firn Timur, namun baru-baru ini dikabarkan lenyap


2 Gunung Kerinci

Selanjutnya ada gunung tertinggi ke 2 di Indonesia yaitu gunung kerinci dengan ketinggian 3.805 meter di atas permukaan laut. Gunung ini berada di dua provinsi yaitu di provinsi Sumatra Barat dan Provinsi Jambi.

Gunung Kerinci termasuk dalam bagian dari Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). TNKS adalah sebuah wilayah konservasi yang memiliki luas 1.484.650 hektare dan terletak di wilayah empat provinsi, yang di mana sebagian besarnya berada di wilayah Jambi. TNKS sendiri merupakan bagian dari Pegunungan Bukit Barisan yang memanjang dari utara ke selatan di Pulau Sumatra.


3.Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung yang merupakan gunung berapi kedua tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl serta terletak pada lintang 8º25' LS dan 116º28' BT ini merupakan gunung favorit bagi pendaki Indonesia karena keindahan pemandangannya.[2] Gunung ini merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki luas sekitar 41.330 ha 

Di sebelah barat kerucut Rinjani terdapat kaldera dengan luas sekitar 3.500 m × 4.800 m, memanjang kearah timur dan barat. Di kaldera ini terdapat Segara Anak (segara dalam Bahasa Sasak berarti laut atau danau)


4. Gunung Semeru

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa, dengan puncaknya Mahameru, 3.676 meter dari permukaan laut (mdpl), Gunung Semeru secara administratif termasuk dalam wilayah dua kabupaten, yakni Kabupaten Malang dan Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur. Gunung ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru 


5. Gunung Sanggar

Gunung Sanggar yang terletak di Nusa Tenggara Barat ini merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia. 
Meski tak sepopuler gunung lainnya, Gunung Sanggar ini diketahui memiliki ketinggian mencapai 3.564 mdpl. 
Gunung ini masih berada di gugusan pegunungan Rinjani dengan keindahan alam yang masih terjaga karena belum banyak orang yang datang.


Oke gaes... terima kasih sudah berkunjung di blog ini.



Komentar

Entri Populer

Tempat-tempat di Bumi yang terlihat menakjubkan

Jadwal PPDB DKI Jakarta tahun 2024 Jalur Zonasi

Foto-foto sebelum dan sesudah